Hemat Listrik Sekarang Juga !


Listrik merupakan kebutuhan yang menjadi kebutuhan pokok saat ini. Tanpa listrik manusia zaman sekarang bisa kerepotan. Bahkan hampir semua peralatan rumah tangga saat ini menggunakan listrik seperti kulkas, AC, water heater, pemanas nasi dan masih banyak yang lain. Belum lagi perlengkapan gadget yang hampir setiap menit tidak lepas dari perhatian HP, tablet dan sebagainya.

Tahukah bahwa semakin banyak konsumsi listrik semakin banyak juga kalor yang dihasilkan? Kalor yang dihasilkan itu juga berpengaruh terhadap perubahan suhu di lingkungan kita. Kalau suhu sudah berubah akan berpengaruh terhadap iklim di sekitar kita juga bahkan iklim dunia.

Dan semakin banyak kita mengkonsumsi listrik semakin banyak juga BBM yang dipergunakan. Karena di Indonesia khususnya produksi listrik juga menggunakan BBM yang cukup besar. 

Ya, intinya lebih bijaklah dalam penggunaan listrik. Masih mending kalau konsumsi listrik yang banyak digunakan untuk hal - hal yang bermanfaat. Nah, beberapa hal ini bisa dilakukan sebagai sedikit langkah untuk menghemat listrik. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik adalah mematikan lampu sedini mungkin. Karena waktu terang di pagi hari tak tentu jamnya, jadi matikan saja lampu ketika langit sedikit terang atau langit sebelah timur terlihat kemerah - merahan.Gunakan juga lampu hemat listrik yang sekarang ini banyak pilihannya.

Bagi yang menggunakan komputer lebih baik jangan gunakan screen saver di layar komputer. Penggunanaan screen saver di komputer menyerot daya listrik yang cukup besar daripada tidak menggunakan screen saver. Dan jangan lupa juga atur keterangan layar komputer, jangan terlalu terang. Jika mau meninggalkan komputer cukup lama lebih baik matikan saja atau atur sedemikian rupa agar ketika ditinggalkan cukup lama langsung ke mode hibernate. Jangan lupa juga untuk cabut listrik tak terpakai.

Masih banyak  lagi hal yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik. Think smart to use electricity




SHARE

Zazat Zenal Mutakin

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar