Menanam Sawi Putih di Polibag

dok pribadi
Cara yang biasa dilakukan untuk menata ruang hijau dipekarang rumah adalah dengan membuat taman dengan berbagai tanaman hias, bunga semusim dan lain - lain. Namun ada cara lain yang bisa diterapkan untuk dimasukan dalam ruang hijau disekitar rumah, yaitu menanam sayuran.


Bertani Dengan Cara Hidroponik
tipsberkebun.com
vertikal farming/vertikultur
guruilmuan.blogspot.co.id
Pikiran yang muncul ketika menanam sayuran adalah lahan yang cukup luas. Namun kini lahan bukan lagi menjadi masalah dalam menanam sayuran, meskipun dipekarang rumah. Banyak teknik yang dikembangkan saat ini untuk menanam sayuran di lahan minim sekalipun, seperti di pekarangan rumah. Salah satu tehknik yang dikembangkan adalah dengan gaya vertikal farming yang secara sederhana bisa menggunakan pipa. Selain itu cara bertani hidroponik juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk menata ruang hijau di sekitarpekarang rumah.Nah saya lampirkan beberapa contoh gambar pertanian yang menggunakan cara vertikal farming dan hidroponik.

Yang akan bagi saya sekarang bukan dua cara alternatif yang disebutkan di atas, tapi salah satu cara yanng bisa digunakan untuk menata ruang hijau dipekarang rumah dengan menanam sayuran (saya ambil contoh sawi putih) dengan menggunakan polibag.Media tanam yang saya gunakan adalah tanah yang dimasukan ke dalam polibag. Tanah yang saya masukan terlebih dahulu saya campur dengan kompos. Ukuran polibag yang digunakan berdiameter 15-20 cm. Jika menggunakan polibag dengan ukuran yang lebih kecil khawatir bisa menghambat ruang gerak pertumbuhan akar tanaman. 

dok pribadi
Saya menggunakan bibit yang siap tanam, Benih sawi putih bisa semai terlebih dahulu hingga siap untuk dipindahkan. Jika sudah dipindahkan ke media tanam di polibag, selanjutnya harus teraratur dalam penyiraman. Digambar sawinya memang hijau karena itu bagian luarnya, kalau sudah panen dan dibersihkan (basa Sunda mah dirompes) dari daun bagian luar baru nampak bagian putihnya -sawiputih.

dok pribadi
Dengan menggunakan polibag sayuran bisa dipindah sesuai keinginan. Atau jika ternyata sayuran kurang mendapatkan cahaya matahari yang cukup, bisa dipindahkan ke tempat dengan cahaya matahari cukup. Bisa juga coba terapkan perlakuan organik pada sayurannya, untuk nantinya sayuran bisa dikonsumsi keluarga. Yah, ini bisa dijadikan salah satu alternatif dalam menata ruang hijau atau membaut ruang hijau di pekarangan rumah, terlebih lagi jika sayurannya mulus, bisa di panen dan jadi order dapur. Wilujeng Nyobian.

SHARE

Zazat Zenal Mutakin

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar