Hari Badak Sedunia; Ayo Selamatkan Badak


Sumber Gambar : naturepl.com / Mark Carwardine / WWF

22 September merupakan hari badak sedunia. Ketika mendengar kata Badak, ingatan yang muncul adalah Ujung Kulon. Ya, karena Ujung Kulon merupakan salah satu habibat alami Badak di Indonesia. Badak merupakan hewan berbadan besar yang beratnya bisa mencapai lebih dari satu ton. Badak ada yang mempunyai satu cula dan ada pula yang mempunyai dua cula. Sedangkan badak yang memiliki habitat asli di Ujung Kulon merupakan Badak yang mempunyai satu cula.
Badak merupakan hewan dari famili Rhinocerotidae yang memiliki lima spesies. Badak berasal dari Afrika dan Asia,  mempunyai kulit yang tebal berkisar 1.5 – 5 cm. Memiliki pendengaran dan penciuman yang tajam dan usianya bisa mencapai 40 tahun. 

Sekilas apabila dilihat, badak merupakan hewan yang kalem, namun nyatanya hewan herbivora ini cukup mematikan. Di Nepal dan India badak merupakan hewan yang menyebabkan kematian manusia dengan angka yang lebih tinggi daripada harimau.  

Namun keberadaan hewan bercula dengan badan gempal ini semakin terancam. Populasinya semakin sedikit seiring dengan tingginya pengrusakan habibat alaminya serta perburuan. Hutan yang merupakan habibat aslinya semakin menyempit seiring dengan aadanya eksploitasinya hutan yang tidak memperhatiakn keseimbangan. 

Badak di buru untuk dimabil culanya yang dikenal sebagai obat. Pada tahun 2011 sekitar 448 badak di bunuh untuk diambil culanya di Afrika Selatan. Ayo Selamatkan Badak.

Referensi : Wikipedia.org
SHARE

Zazat Zenal Mutakin

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar