Paper-Less

Sumber gambar : pdf.wondershare.com

Berbagai cara dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Baik berupa sosialisasi berupa kampanye dijalanan, ataupun kegiatan yang terjun langsung ke lingkungan. Ketidak seimbangan lingkungan di kehidupan yang semakin modern ini mencuri perhatian berbagai elemen masyarakat untuk aktif dalam mengurangi polusi udara dengan bersepeda misalnya, mengurangi konsumsi listrik, mengurangi konsumsi air minum dalam kemasan dan masih banyak lagi. Intinya semua bisa turut aktif dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, dan dimulai dari hal yang terkecil.
Sadar atau tidak konsumsi kertas yang tidak wajar menyumbang anngka yang cukup tinggi terhadap kerusakan lingkungan. Berapa banyak pohon yang digunakan untuk bisa menghasilkan satu rim kertas? Tentu apabila semakin banyak kertas yang digunakan maka semakin banyak pula pohon yang ditebang. Terlebih lagi perkantoran yang mengkonsumsi kertas dengan sangat tinggi. Fakta menyebutkan setiap karyawan di perkantoran menghabiskan 300 lembar kertas –Majalah Greeners Agustus 2013.

Namun beberapa kantor pemerintah sudah mulai berupaya mengurangi konsumsi kertas dengan istilah yang mereka sebut ‘paper less’. Upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi kertas adalah dengan cara memilih dokumen yang memang benar – benar harus dicetak, karena kadang tidak semua dokumen perlu cetak. Cetak bolak balik bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif. Satu lagi, jangan sampai kertas terbuang karena masalah tinta. 

Cara lain untuk menghemat kertas dengan menggunakan file format pdf. Hampir setiap office yang terinstal di komputer saat ini mendukung untuk format file tersebut. Terlebih lagi format tersebut lebih nyaman ketika hanya di baca di komputer.
SHARE

Zazat Zenal Mutakin

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar